Senin, 06 Desember 2010

PILWAKO

Lagi otak atik opini tentang PILWAKO, sebagai tuntutan kerja dan perbaikan departemen yang saya ada di dalamnya. Saya juga bingung mau memulai tulisan darimana. Coba-coba saya buka buku catatan sharing departemen dengan Pembina baru kami. Dia juga yangmenganjurkan untuk penulisan PILWAKO ini sebenarnya pencerdasan PILWAKO tapi di generalisasi kan. Baiklah saya mulai dari apa sih PILWAKO itu? Karena sebelum pembahasan lebih yang banyak kita harus tau dulu apa yang kita bahas, mengapa harus di bahas, siapa saja yang masuk dalam bahasan, dimana harus di bahas, kapan waktunya dan bagaimana pembahasannya. Setidaknya itu yang dikatakan pembina departemen kami.
PILWAKO (Pemilihan Walikota) merupakan kegiatan pemilihan pemimpin di suatu kota yang dilakukan oleh masyarakat kota tersebut. Pemilihan yang melibatkan seluruh masyarakat di kota tersebut untuk menentukan sendiri siapa kira-kira yang pantas untuk menduduki kursi tertinggi sekaligus menjadi abdi mereka. “Sayyidul qoum khoodimuhum(Pemimpin suatu bangsa adalah pelayan untuk mereka). Jadi pantaslah seluruh masyarakat berperan penting untuk ikut serta dalam pemilihan pemimpin untuk kota mereka.


PILWAKO di Batam
Tanggal 5 januari 2010 adalah waktu yang tepat bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang tepat untuk kebaikan kota Batam ini lima tahun kedepan. Tentu saja suksesnya PILWAKO ini tidak hanya bergantung pada kesiapan dari KPPS pada tanggal 5 desember mendatang. Tapi yang juga penting adalah peran masyarakat Batam sendiri dalam pemilihan tersebut. Bukan hanya peran menunaikan hak memilih sebagai warga negara khususnya masyarakat Batam. Tapi peran penting juga untuk mengawasi jalannya PILWAKO ini agar aman dari kecurangan oleh oknum-oknum tertentu. Selain masyarakat mahasiswa juga harus ikut andil dalam hal ini.

Hindari GOLPUT!!
Masalah yang selalu ada pada tiap pemilihan pemimpin baik itu pemilihan presiden, gubernur dan walikota adalah “GOLPUT”. GOLPUT adalah meninggalkan haknya sebagai warga Negara Indonesia yang baik/hak sebagai masyarakat kota Batam untuk menentukan pemimpin yang pantas menjadi abdi bagi masyarakat. Hidup itu pilihan dan GOLPUT juga pilihan, hanya saja pilihan tanpa usaha. Usaha memilih, mencari, menemukan, pemimpin yang baik. GOLPUT juga berdampak negative jika digunakan oleh pihak-pihak yang ingin melakukan kecurangan pada lawannya. Sebaiknya hindari GOLPUT, bukankah lebih baik berusaha dari pada tidak sama sekali. Jadilah warga negara yang baik agar negara juga menjadi baik.

Kecurangan PILWAKO
Selain GOLPUT, masalah lain yang timbul di PILWAKO ini adalah kecurangan oleh beberapa pihak yang ingin memenangkan calonnya. Sudah menjadi rahasia umum, serangan serangan kesenangan akan menghampiri masyarakat saat masa pengenalan calon(baca:Kampanye). Bukan pembacaan visi dan misi yang jelas atau tugas-tugas detail apa yang akan dilakukan, malah sibuk melakukan kecurangan sana sini. Semoga saja tidak pada PILWAKO Batam kali ini. Jikapun ada masyarakat Batam yang demikian, tentunya masyarakat cukup cerdas untuk melakukan apa di 5 januari nanti. Kalau awal saja sudah curang, bagaimana kalau sudah duduk di kursi pemimpin. Daripada di bohongi mending membohongi? Saya tidak menganjurkan demikian hanya saja semboyan lama “Ambil uangnya jangan pilih orangnya”.

Saya pikir cukup otak atiknya semoga bermanfaat! Tidak ada paksaan dalam tulisan ini. Hanya saja jadilah orang yang bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus for harus memulai